Layanan Pertanahan

Berita

Tautan Luar

17/08/2017

Panduan Satgas Fisik PTSL Tahun 2017

Berisi panduan teknis, langkah-langkah strategi dan time schedule untuk Satgas Fisik PTSL Jakarta Pusat

PANDUAN
SATUAN TUGAS FISIK
PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL)
KANTOR PERTANAHAN KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT









Seksi Infrastruktur Pertanahan
Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Pusat
Jalan Selaparang Blok B-15 Kav 8, Kemayoran, Jakarta Pusat

LINGKUP PEKERJAAN PTSL :


PENTINGNYA PARTISIPASI AKTIF MASYARAKAT :


DASAR HUKUM PTSL :
a. Peraturan Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional No. 35 Tahun 2016
b. Peraturan Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional No. 01 Tahun 2017
Berdasarkan Keputusan Kepala Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Pusat No.249/Kep-31.71/VII/2017 tanggal 18 Juli 2017 telah ditetapkan Susunan Panitia Ajudikasi PTSL, Satgas Fisik dan Satgas Yuridis Tahun 2017;
LANGKAH-LANGKAH SATGAS FISIK PTSL YANG HARUS DIPERHATIKAN :
 PERSIAPAN :
1. Menyiapkan Peta Kerja dan Pendataan Bidang Tanah, dengan langkah-langkah :
a. Berkoordinasi dengan Aparat Kelurahan untuk penyiapan Peta Kerja Kelurahan yang dilengkapi dengan batas wilayah RT/RW, dengan melakukan deliniasi menggunakan spidol atau rapido dan penandaan nama RT/RW *)
*) Draft Peta Kerja 1 lembar 1 Kelurahan telah diserahkan kepada Lurah lokasi PTSL pada saat sosialisasi di Kantor Walikota Jakarta Pusat.
b. Melakukaan pendataan Bidang Tanah Tingkat RT, dibantu para Ketua RT/RW, terhadap seluruh bidang tanah, baik yang telah terdaftar (bersertipikat) maupun belum terdaftar sebagaimana formulir yang telah disediakan.
c. Membuat Rekapitulasi Bidang Tanah Belum Terdaftar tingkat RT, sesuai data yang diperoleh dari angka 2 di atas.
d. Menyelesaikan pembuatan Peta Kerja per RW atau RT (Skala Besar), yang menginformasikan sebaran Bidang Tanah Belum Terdaftar, sesuai data yang diperoleh dari angka 3 di atas.
2. Menyiapkan peralatan pengukuran dan pemetaan bidang tanah.
3. Berkoordinasi dengan Aparat Kelurahan untuk penggunaan Peta Kerja, Formulir Isian dan penjadwalan pelaksanaan pengukuran.
 PENGUMPULAN DATA FISIK :
1. Pengumpulan Data Fisik dilaksanakan oleh SATGAS FISIK.
2. Pengumpulan Data Fisik dilaksanakan melalui kegiatan pengukuran dan pemetaan bidang tanah
3. SATGAS FISIK terdiri dari :
a. Ketua Satgas Fisik
b. Petugas Ukur
c. Petugas Pengolahan Data Fisik
d. Petugas Pemetaan dan Pencetakan

4. Ketua SATGAS FISIK bertugas :
 Mengorganisasikan Petugas Ukur, Pengolahan Data Fisik, Pemetaan dan Pencetakan Peta Bidang Tanah dan Surat Ukur
 Menandatangani Peta Bidang Tanah dan Surat Ukur
 Membuat Laporan kepada Ketua Panitia Ajudikasi PTSL

5. Petugas Ukur, terdiri dari Petugas Ukur ASN dan Surveyor Kadaster / Asisten Surveyor Kadaster
Petugas Ukur bertugas :
 Melakukan pengukuran batas tanah secara terestris sesuai penunjukan oleh pemohon.
 Membuat Gambar Ukur (GU) : mengisi data fisik tanah (GU hal.1), membuat sket lapangan dan melengkapi data ukuran lengkap (GU hal.2).
 Menandatangani GU.
 Meminta tanda tangan penunjuk batas dan pemilik tanah bersebelahan (memenuhi asas kontradiktur delimitasi).
 Melengkapi data koordinat (X;Y) letak bidang tanah pada Gambar Ukur.


6. Petugas Pengolah Data
Petugas Pengolah Data bertugas :
 Melakukan penggambaran hasil pengukuran dengan layer AutoCad yang ditetapkan.
 Melakukan penghitungan luas.
 Memberikan panjangan sisi batas bidang tanah.&l
RSS